Dosen FISIP-UTU Ikuti Bimtek Tracer Study LLDIKTI Via Online
  • UTU News
  • 12. 05. 2020
  • 0
  • 367

MEULABOH, UTU- Sebanyak 12 dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU) diperkenankan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Tracer Study Perguruan Tinggi, melalui daring (online) selama dua hari, 12-13 Mei 2020.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Putri Maulina, M.I.Kom menjelaskan, Bimtek Pengelolaan CDC/Tracer Study Perguruan Tinggi dilaksanakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Perwakila Aceh. “Beberapa orang dosen FISIP UTU dari semua jurusan diperkenankan mengikutinya sebagai peserta”, ujar Putiri Maulina.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan CDC/Tracer Study tersebut dilaksanakan via daring dengan menggnukan aplikasi Zoom Meetings. Dosen Fisip yang ikut Bimtek tersebut adalah Putri Maulina, Reni Juliani, Desi Maulida, Anhar Fazri, Jamal Mildat, Fadhil Ilhamsyah, Safrida, Nodi Marefanda, Triyanto, Nurkhalis, Yeni Sri Lestari, dan Muzakkir.

Hari pertama, Selasa, 12 Mei 2020, materi Bimtek adalah Simulasi dan Tata Kelola Pelaporan Pusat Karir dan Tracer Study bagi Peningkatan Akreditasi di Perguruan Tinggi dengan narasumber Prof. Drh. Aris Junaidi, Ph.D (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI), dan moderatornya, Dr. Muhammad Ilham Maulana, ST.,MT (Sekretaris LLDIKTI Wilayah XIII Aceh).

Pada hari kedua, Rabu, 13 Mei 2020, materinya adalah Pusat Karir dan Tracer Study sebagai Media Penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi di Era Kampus Merdeka” pematerinya Dr. Ramzi Adriman, ST.,M.Sc (Ketua CDC Universitas Syiah Kuala), dan moderator Drs. M. Najib M.Pd (Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya LLDIKTI Wilayah XIII Aceh.

Prof. Aris antara lain menjelaskan, tracer studi merupakan pelacakan jejak lulusan /alumni setelah lulus dari perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi (dikti) ke dunia kerja, situasi kerja terakhir, keselarasan dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.

Tujuan dan manfaat tracer studi memetakan pasar kerja untuk calon alumni, menelusuri jejak alumni, merencanakan pengembanan kurikulum, melaksanakan kegiatan seminar, pelatihan kepada calon alumni. Informasi pengembangan pendidikan tinggi, evaluasi relevansi dunia pendidikan dan dunia kerja, berkontribusi kepada proses akreditasi dan membantu menyediakan data untuk kebijakan pemerintah/nasional dan untuk kepentingan penelitian.(***)

Komentar :

Lainnya :