IBT - UTU Pro Aktif Cegah COVID-19
  • UTU News
  • 28. 04. 2020
  • 0
  • 479

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) menunjukkan komitmen penuh terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, salah satunya lewat aksi kepedulian Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Teuku Umar yang meresmikan beberapa produk alat pelindung diri non medis.

IBT UTU di bawah binaan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Gracia Billy Mambrassar pro-aktif bersama pemerintah dan stakeholder dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19 sebagai mana arahan staf khusus presiden dalam rapat virtual 3 April 2020 bersama rektor dan tim IBT.

Sejak 14 April 2020 IBT-UTU menghadirkan produk pelindung diri non-medis yang terdiri dari masker kain yang di produksi oleh mahasiswa dan Alumni UTU yang saat ini sedang berada di rumah masing masing (Stay at home ). Untuk melihat sample masker kain yang dihasilkan dapat diakses melalui follow Instagram (IG) ibt_utu.

Ketua IBT - UTU, Said Achmad Kabiru menjelaskan tujuan dari produksi masker ini ialah mendukung intruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang mewajibkan pengenaan masker saat beraktivitas di luar rumah, salah satunya masker kain. Sekaligus memastikan UMKM tetap produktif dan ikut serta berpartisipasai bersama pemerintah dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid19.

Produksi masker kain telah dilaksanakan untuk memenuhi pesanan dari pihak eksternal diantaranya PT PLN wilayah Aceh, Bank Aceh Syariah dan untuk kebutuhan Internal lingkup Universitas Teuku Umar.

"Semua pesanan dikerjakan oleh mahasiswa dan alumni yang dibina oleh IBT-UTU dari usaha rumahan." Jelas Said Ahcmad.

Selain produk masker kain, IBT - UTU juga menghasilkan alat pencuci tangan yang dapat di operasikan tanpa menyentuh kran. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19, dengan sering mencuci tangan.

Laboratorium Teknik Universitas Teuku Umar selaku perancang dan tempat produksi alat pencuci tangan tanpa sentuh atau Touchless Hand Washer (THW) sedang memproduksi sebanyak 18 THW untuk memenuhi pesanan dari PT. PLN Aceh, Polres Aceh Barat dan internal kampus Universitas Teuku Umar.

Sementara untuk memproduksi Hand Sanitizer, IBT - UTU bekerjasama dengan laboratorium kimia Universitas Teuku Umar mengikuti satandar yang diatur World Health Organization (WHO). Produk HS sudah bisa dipesan secara online.

"Untuk pemesanan produk IBT –UTU; seperti masker kain berbagai ukuran, corak warna dan style, alat cuci tangan lengkap dengan pemasangan, dan HS dengan ukuran handy hingga 1 litter dapat dilakukan melalui WhatsApp (085277474036) a.n. Sdr Faizi selaku manager IBT-UTU." Terang Said Ahcmad

IBT-UTU akan terus berkontribusi dalam berbagai kapasitas bersama pemerintah dan stakeholder dalam pencegahan dan penangulangan Covid-19, selain kegiatan enterprise, IBT-UTU ikut melakukan kegiatan sosial dengan pemberian kupon belanja di UMKM bagi mahasiswa dan masyarakat secara online, serta pembagian paket sembako kepada 88 orang OB, driver dan Security dalam lingkup Universitas Teuku Umar yang diserahkan secara simbolis oleh penangung jawab IBT Wakil Rektor 3, Dr. Musryidin , MA.

"Pembagian paket sembako kepada 88 orang OB, driver dan Security lingkup UTU tersebut setengah anggaranya berseumber dari sumbangan pihak luar." Tutup Sayed Achmad Kabiru. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :