Kemdikbud Ristek Visitasi dan Evaluasi Program Wira Desa UTU di Desa Ujong Kalak
  • UTU News
  • 26. 11. 2021
  • 0
  • 258

MEULABOH - UTU | Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melakukan visitasi dan evaluasi program Wira Desa yang dilaksanakan oleh Universitas Teuku Umar di Desa Ujung Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Senin (22/11/2021).

Reviewer Wira Desa, Wisnu Sakti Dewobroto mengatakan Tujuan kegiatan Visitasi ialah untuk melihat secara langsung kemajuan dan indikator keberhasilan program yang telah dicapai dengan melakukan kunjungan langsung ke lokasi usaha yang menjadi mitra program Wira Desa Universitas Teuku Umar.

"Salah satu tujuan visitasi untuk melihat program yang sebagian didanai kementerian sudah berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Sebab program ini merupakan salah satu upaya menggandeng mahasiswa agar mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa sehingga terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera,". Harap Wisnu.

Terima kasih kepada tim Wira Desa Teuku Umar yang telah dengan kompak melaksanakan programnya, semoga tim Wiradesa dari Perguruan Tinggi ini dapat menjadi contoh bagi tim - tim Wira Desa selanjutnya. "Saya juga berharap semoga tim Wira Desa Universitas Teuku Umar dapat terpilih menjadi salah satu nominator dalam program Abdidaya"  Ujar Dr. Wisnu yang turut didampingi reviewer lainnya Sofyan Ismail setelah melakukan visitasi.

Harapan dari program Wira Desa yang dilaksanakan oleh mahasiswa prodi perikanan universitas Teuku Umar adalah dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang terdapat di usaha yang sedang didampingi sehingga dapat mengembangkan usaha produksi perikanan khas Aceh sehingga dikenal oleh masyarakat luas.

Sebelum mengunjungi lokasi mitra, Tim Reviewer bersilaturahmi dengan Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA dan perwakilan Civitas Akademika. Kegiatan visitasi ini memberikan sangat banyak manfaat dan ide - ide bagi tim Wira Desa terkait pelaksanaan program.

Hasil visitasi yang dilakukan oleh tim reviewer, tim Wira Desa mendapatkan respon positif dan masukan serta saran agar kegiatan pendampingan usaha terus dilakukan hingga usaha yang didampingi dapat terus berkembang dan berpengaruh dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Program - program utama yang menjadi perencanaan dalam pengembangan usaha yang kami dampingi terlaksana dengan baik, salah satunya mengenai pengurusan perizinan P-IRT kami telah menerima surat rekomendasi lalu meneruskan pengurusan perizinan ke DPMPTSP. Pengurusan P-IRT usaha yang kami dampingi terbilang cukup cepat, mengingat banyak pelaku usaha yang mengurus P-IRT dan memakan waktu lebih lama", ujar Syahrul Muhharram selaku ketua Tim Wira Desa saat visitasi berlangsung.

Sementara itu Dosen Pembimbing M. Agam Thahir, S.Pi., M.Si didampingi Koordinator Pusat Kreativitas Mahasiswa UTU, Yarmaliza, SKM., M.Si mengatakan peran aktif mahasiswa dalam program Wira Desa harus tetap berjalan dinamis meski pandemi.

Sebanyak 8 orang mahasiswa dari Prodi Perikanan melakukan kegiatan konkrit lewat program Wiradesa yang mengangkat judul "Pengembangan Usaha Rumahan Produksi Ikan Keumamah di Daerah Pesisir Desa Ujung Kalak Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat". (Aduwina Pakeh). 

Komentar :

Lainnya :