Memasuki Musim Ke-2, Jurusan Ilmu Kelautan Masih Unggul di Liga Kompetisi Kampus Merdeka UTU

Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar memperoleh penghargaan bergengsi kompetisi Kampus Merdeka pada Sabtu, 13 November 2021. Momen ini juga bersamaan dengan perayaan Dies Natalis ke-15 dan Wisuda ke-12. Jurusan Ilmu Kelautan mampu menggungguli 19 Prodi Lingkup Universitas Teuku Umar berada di posisi Teratas Klasemen Tahap 2 Kompetisi Kampus Merdeka dengan Skor nilai Validasi sebesar 61,20, disusul Prodi Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan nilai 47,61 poin dan prodi Ilmu Administrasi Negara dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan raihan nilai 43,96 poin.

Mohamad Gazali.,S.Pi., M.Si selaku Ketua Jurusan Ilmu Kelautan menyampaikan apresiasi kerja keras dosen, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Mahasiswa yang telah berupaya membuktikan dan mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka. “Kami bersyukur kepada Allah SWT atas karunia yang begitu besar sehingga Jurusan Ilmu Kelautan yang baru berjalan 3 tahun ini mampu bersaing ketat”.

Dalam kesempatannya, Mohamad Gazali.,S.Pi., M.Si juga menyampaikan bahwa sebagai pemimpin, beliau melihat ada potensi besar yang bisa dicapai untuk meraih cita-cita sesuai visi dan misi Jurusan Ilmu Kelautan dengan Sumber Daya Manusia  yang berusia sangat Produktif. Bekerja dengan membangun kolaborasi dengan semua pihak ada kunci kesuksesan untuk mencapai semua Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT). Karena untuk mengukur kampus maju atau tidak itu berdasarkan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU).

Kampus Merdeka merupakan kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dikti Nadiem A. Makarim yang bertujuan untuk mendorong Perguruan tinggi untuk berpikir Kreatif dan Inovatif dalam menghadapi tantangan digital era yang perubahannya begitu cepat. Oleh karenanya sosok yang akrab disapa Mas Menteri tersebut melakukan terobosan baru di lingkup Kemendikbud dengan memberikan kebebasan dan otonomi kepada dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk mengembangkan keilmuannya dan kebebasan memilih bidang yang disukainya untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Komentar :

Lainnya :