Perdana, Mahasiswa Teknik Mesin UTU lakukan Seminar KP Secara Online
  • UTU News
  • 29. 04. 2020
  • 0
  • 540

MEULABOH - UTU | Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, bahkan angka pasien positif secara nasional terus mengalami peningkatan dari hari kehari. Status pembelajaran secara daring pun masih diberlakukan diseluruh Universitas di Indonesia, termasuk Universitas Teuku Umar. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Untuk pertama kalinya mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan Seminar Kerja Praktek (KP) secara Online, Jumat (24/4). Hal ini dilakukan untuk mempercepat penyelesaian studi bagi mahasiswa akhir ditengah pandemi Covid-19.

Ialah, Maulana mahasiswa angkatan 2017 Bidang Keahlian Teknik Konversi Energi merupakan mahasiswa perdana yang melakukan Kerja Praktek (KP) di angkatannya, maulana merupakan mahasiswa Bidikmisi yang berasal dari Kab. Bener Meriah.

Maulana mempresentasikan hasil kerjanya yang berjudul "Sistem Triple Peak pada Station Sterelizer (Perebusan) di PT. Beurata Subur Persada (PT. BSP)" dihadapan dua dewan Penguji, yaitu Zakir Husin, ST., MT dan Murhaban, ST., M.Cs.

Mahasiswa Teknik Mesin FT UTU ini telah menyelesaikan Kerja Praktek (KP) di bulan Februari 2020 pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Beurata Subur Persada (BSP) Kab. Nagan Raya selama 30 Hari dengan pembimbing di lapangan pada perusahaan Said Zulfiadi, ST.

Dari hasil seminar yang dilakukan secara online tersebut, Maulana mendapatkan kelulusan dengan total nilai rata-rata 90, 3 atau nilai sempurna, A.

Ketua Jurusan Teknik Mesin, FT UTU, Maidi Saputra, ST., MT mengatakan pelaksanaan seminar Kerja Praktek (KP) sudah sesuai dengan Surat Edaran Rektor UTU, pembatasan _sosial distancing,_ dalam rangka pemutusan mata rantai Covid-19.

"Teknik Mesin FT UTU juga selama ini telah melaksanakan seminar proposal dan sidang Tugas Akhir dengan jumlah 15 mahasiswa secara daring melalui aplikasikan zoom dan google meet." Terang Maidi Saputra.

Sementara Sulaiman Ali, MT selaku dosen pembimbing Maulana, kepada media ini mengabarkan sebelum pelaksanaan seminar KP dilakukan, mereka telah melakukan diskusi dengan Ketua Umum Forum Komunikasi Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) Se-Kab. Nagan Raya, Ir. Khairil Ansar, yang merupakan General Manager PMKS PT. UND Kab. Nagan Raya. Mantan Ketua Jurusan Teknik Mesin FT UTU tersebut mengapresiasi laporan Kerja praktek mahasiswa tersebut. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :