Prodi Ilmu Kelautan FPIK-UTU Gelar Science Seminar Series From Home
  • UTU News
  • 11. 05. 2020
  • 0
  • 351

MEULABOH, UTU - Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU), telah melaksanakan Marine Science Seminar Series From Home, Sabtu, 09 Mei 2020.

Ketua Jurusan Ilmu Kelautan FPIK-UTU, Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si menjelaskan, seminar series marine science ini merupakan agenda rutin bulanan yang sudah direalisasikan sejak tahun 2019. Sebelum pandemic COVID 19, biasanya seminar series bulanan rutin dilaksanakan di Ruang Seminar FPIK atau Aula UTU yang dihadiri oleh mahasiswa FPIK UTU yang tertarik menimba ilmu baru dari dosen yang baru pulang dari luar negeri atau dosen yang mempunyai pengalaman baru terkait bidang penelitian dan kemahasiswaan.

“Kali ini, kami melaksanakan Marine Science Seminar Series From Home dengan Narasumber Dr. Ananingtyas S Damarini, M.Si”, ujar Gazali.

Ananingtyas memaparkan sebagian hasil penelitian beliau selama studi program Doktor di IPB University. Beliau memaparkan tentang kajian struktur trofik ekosistem mangrove sebagai dasar pengelolaan sumberdaya perairan.

Salah satu pemaparan Ananingtyas yang menarik adalah apabila biomassa detritus pada ekosistem mangrove mengalami penurunan akibat aktivitas manusia maka akan berdampak terhadap ketersediaan sumberdaya perikanan. Hal ini sangat berkaitan dengan food web pada ekosistem mangrove.

Di tengah-tengah merajalelanya pandemic COVID 19 yang menganjurkan mahasiswa untuk melaksanakan kuliah daring menggunakan berbagai aplikasi, seminar series ini tetap berjalan walaupun dalam kondisi COVID 19 dengan mengubah metode baru dengan cara virtual, ujar Mohamad Gazali. kegiatan ini melibatkan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) sebagai proses pembelajaran dalam berorganisasi.

Lebih lanjut kata Mohamad Gazali, M.Si mengatakan bahwa tujuan diadakan seminar series ini adalah untuk memacu wawasan keilmuan mahasiswa FPIK UTU dalam mengeksplorasi potensi sumberdaya perikanan dan kelautan di Barsela. Kita punya aset berupa laut beserta isinya, maka perlu semangat melakukan eksplorasi untuk kemajuan bangsa dan negara. (***)

Komentar :

Lainnya :