Prof. Wongsa, “ UTU Perlu Berkolaborasi Dengan Masyarakat Dalam Bidang Agro and Marine”
  • UTU News
  • 25. 04. 2020
  • 0
  • 285

MEULABOH - UTU | “Universitas Teuku Umar (UTU) harus memberikan warna tersendiri sebagai sebuah universitas yang berada di lingkungan masyarakat. Kampus ini, bisa memberikan konstribusi yang baik bagi pengembangan masyarakat baik melalui bidang penelitian maupun pengabdian”, harap Prof. Wongsa

Untuk itu, UTU yang mempunyai visi dan misi sebagai kampus agro and marine industry, tentunya bisa memberikan sebuah solusi dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam pengembangan bidang pertanian dan kelautan di Aceh dan khususnya Wilayah Barat Selatan ini.

Ungkapan Prof Wongsa itu disampaikan ketika ditemui Tim UTU News disela-sela kegiatan Konferensi Internasional di Aula Universitas Teuku Umar, belum lama ini. Prof. Wongsa Laohasiriwong, P.hD, merupakan Guru Besar Bidang Kesehatan dari Khon Kaen University, Thailand.

Saat ini, dunia pendidikan mengalami perkembangan yang sangat luar biasa dengan berbagai pengaruh kemajuan teknologi. Namun, kondisi tersebut menjadi hal yang tidak berarti apabila tidak mampu memberikan perubahan terhadap peningkatan kehidupan sosial di dalam masyarakat.

“UTU ini memiliki prospek yang sangat luar biasa, dilihat dengan tata letaknya yang sangat strategis. Kondisi wilayah dan kehidupan perekonomian masyarakat yang mayoritas di bidang pertanian dan kelautan akan menjadikan kampus UTU sebagai sumber referensi dalam bidang pertanian dan kealutan”, ujar Prof. Wongsa.

Perkembangan sebuah universitas bukan hanya dilihat dari jumlah kelulusan saja, namun juga dilihat dari peran lulusan yang mampu berkontribusi langsung terhadap masyarakat. Dalam dunia pendidikan dan peningkatan kehidupan sosial, masyarakat merupakan tujuan langsung terhadap hal tersebut. Sehingga, program yang dilaksanakan oleh UTU juga harus mampu menjangkau bidang yang ada di dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

Bidang kesehatan menjadi sumber utama dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, UTU yang mempunyai fakultas kesehatan masyarakat harus mampu memberikan pendidikan kesehatan yang baik agar masyarakat lebih memperharikan bidang kesehatan sebagai penunjang mereka dalam peningkatan bidang sosial lainnya, tambah Prof. Wongsa.

Peningkatan bidang kesehatan memang menjadi prioritas pemerintah saat ini. Namun, peran dunia pendidikan dan khususnya universitas tentunya akan memberikan nilai tambah dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan bidang kesehatan, khususnya di Aceh.(***)

Komentar :

Lainnya :