Tingkatkan Kualitas Kampus, CC-UTU Lakukan Tracer Study
  • UTU News
  • 06. 05. 2020
  • 0
  • 428

MEULABOH - UTU | Setelah dinyatakan lulus, mahasiswa masih melakukan perjuangan untuk memperoleh pekerjaan. Salah satu hal yang dibutuhkan mahasiswa berupa informasi lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan bidangnya. Oleh karena itu, Career Center Universitas Teuku Umar (CC-UTU) melakukan Tracer Study.

Tracer study atau yang lebih dikenal dengan studi pelacakan alumni merupakan sebuah survey yang menargetkan alumni sebuah universitas terkait informasi di mana mereka bekerja. Alumni dengan jarak 2 tahun setelah wisuda akan diberikan kuesioner terkait karier mereka, di mana kuesioner tersebut dapat memetakan pekerjaan alumni.

Hasil kuesioner dapat digunakan sebagai alat ukur akreditasi universitas, branding universitas, perbaikan kurikulum universitas, data bagi calon mahasiswa baru untuk melihat prospek karier universitas, dan lainnya.

Ketua CC-UTU, Yusran Ibrahim, M.Si mengatakan tahun ini UTU akan melakukan kembali tracer study dalam program Tracer Study UTU 2020 (TSUTU 2020).

Target TSUTU 2020 adalah alumni program S1 UTU yang lulus pada tahun 2018. "Seluruh alumni yang lulus tahun 2018 diharapkan dapat ikut berpartisipasi pada TSUTU 2020," Ajak Yusran Ibrahim.

Yusran menjelaskan Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di UTU. Dengan demikian, alumni diharapkan mengisi angket-angket yang kita sebarkan melalui media sosial dan website, di mana alumni perlu mengisi data lengkap sampai skill apa saja yang mereka miliki.

Selain untuk alumni, tracer study ini juga memiliki manfaat tersendiri untuk UTU, salah satunya membantu UTU dalam proses akreditasi baik program studi maupun institusi.

Diharapkan kepada seluruh alumni UTU untuk selalu mengisi angket Tracer study. Dengan demikian pihak kampus bisa mengetahui berapa alumni yang sudah mendapat pekerjaan dan berapa jumlah alumni yang belum mendapatakan pekerjaan.

“Jikalau ada yang belum mendapat pekerjaan, pihak kampus akan membantu memberi informasi lowongan kerja untuk alumni,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :